Selasa, 25 Maret 2014

Pengorbanan


Hallooo..
Selamat Siang :D

Hari ini dapet sesuatu yang bisa dipelajarin lagi, kali ini tentang pengorbanan.
Siang sebelum adzan dzuhur, gue jajan donat deket rumah. Yang jual itu udah mbah-mbah, udah nenek2. Dia kenalnya sama ibu, kalo sama gue biasa aja, paling Cuma tau kalo gue anak ibu gue (yaiyalaah-__-) pokoknya, gue ga kenal2 amat dah ya, hehe Jadi yang jualan itu, tadinya dia Orang kaya, berada, tapi sekarang lagi dapet masa susahnya.

Nah, pas gue dateng gue beli dong dagangannya, dann diawali dengan senyum nyengir gaje gue ini terus langsung bilang “mbah, aku mau beli 3ribu yaa” | mau yang mana? | yang gula aja mbah, sama yang meises 1 | *masukkin ke kantong* sambil masukin donat, Mbah langsung ngajakin ngobrol gue. Awalnya gue kira obrolannya ya basabasi kayak biasa doang, ternyata engga haha si Mbah cerita banyaakk banget, gue dengerin dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat2nya *lahh? Ngapa jd proklamasi, Salaah* ._.v pokoknya gue dengeriin semua yang mbah ceritain.

Awalnya nanya gini “kamu udah kerja ya?” | belum mbah, hehe masih kuliah | ooh, ngambil apa sih kamu | ngambil analis lagi mbah:) *padahal sering ngasitau kalo gue itu kulian ankes, tetep aja nanyanya ulang2 haha maklum, faktor usia ya mbah hehe*

Terus, si mbah langsung deh cerita banyak. Tentang bedanya jaman dulu sama jaman sekarang yang susah nyari kerja. Tentang cucu2nya, sang cucu perempuan masih kuliah akuntansi UI dan tahun depan udah selesai(lulus). Yang laki2 lagi berlayar udah 8bulan belom pulang. Saking sayangna sama cucu, dia belabelain nyisihin tiap hasil jualannya buat cucunya yang masih kuliah dan pulangnya seminggu sekali itu. Mbah bilang “aku lebih baik ga makan dan uangnya aku kasih buat cucuku, misal aku punya uang 10ribu buat makan tapi cucuku butuh uang 10ribu itu, aku langsung kasih, udah lansung kenyang, engga laper lagi. Aku sering bilang sama cucuku itu, kamu gausah minjem2 duit ke temen kamu, kalo gaada ya ga makan. Kadang anak jaman sekarang enak ya, uang tinggal minta aja, telpon “ma, aku butuh uang buat semesteran segini, tanggal segini’ aku sbg orang tua Cuma bisa gini *sambil elus2 dada* suka ga mikir kalo nyari uang tuh susah, taunya ada aja.”

Disitu, gue langsung mikiir, gilaaa bener2 ya pengorbanannya, sampe nahan makan gitu. Saking sayangnya sama cucu. Dia juga cerita tentang cucu laki2nya, yang daftar AD AL AU polisi ga ada yang diterima, dan akhirnya milih buat kerja berlayar, karena emang lulusan sekolah pelayaran. Si mbah sedih, kadang suka nangis sendiri. cucunya yang dulu masih kecil di gendong2, kalo sakit diurusin ditangisin, dirawat sampe gede, eh pas udah pada gede malah pada jauh2, yang 1 pulangnya seminggu sekali, yang 1 lagi pulangnya kalo ga 6bulan sekali setaun sekali. Dia sekarang bela2in nyari uang, susah2, buat cucu perempuannya, dia berharap semoga cucu2nya bisa sukses dan yang perempuan setelah lulus kerjanya ga jauh2. Jadi tiap hari bisa dirumah gitu. Gue hanya bisa bilang aamiin :) terus ga lama gue pamit pulang “yaudah mbah aku pulang dulu ya mbah hehe” | iya iya ndo *sambil senyum plong*. Gue jalan pulang kerumah.

Seneng ngeliat senyumnya si mbah, mungkin dia pengen berbagi keluhkesahnya yang gatau mesti diungkapkan kemana lagi. Alhamdulillah gue juga seneng dengernya, seneng bisa dapet pelajaran baru lagi. Pengorbanan yang dilakukan sama orang2 disekitar kita yang sayang banget sama kita itu luar biasa, terutama orang tua dan keluarga. Gue sempet berpikir gimana coba cara bales pengorbanan mereka yang sangat2 luar biasa itu. Mereka udah ngasih kita macem2, tapi kita belum bisa ngasih apa2 yang berharga buat mereka, gue jadi ngerasa kecil. 

Apa yang gue lakuin selama ini masih belum ada apa2nya dari pengorbanan yang keluarga gue kasih :( tapi gimanapun, gue harus berusaha buat selalu memberi yang terbaik buatt mereka. Walaupun yang gue lakuin belum tentu bisa membalas semua pengorbanan luar biasa dari mereka, tapi setidaknya gue bisa ngelihat senyum mereka :) dan selalu berusaha untuk bisa bermanfaat buat mereka, agar bisa melihat senyum2 indah semua orang2 sekeliling kita, terutama untuk mereka yang kita sayangi <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar