Minggu, 09 Oktober 2016

After Graduation (chapter 1)

Hallooo aku datang lagii
Setelah sekian lama  hehehe
Jadiii, setelah banyak pertanyaan yg dateng (?) Terutama temen2 gue yang baru di wisuda. Asiikkk! Btw, Selamat yaa! Maaf ga bisa dateng😆  #oot

Gini. Saat kuliah, dari maba sampe tingkat akhir yang ditunggu2 adalah wisuda. Karena wisuda adalah akhir. Yes akhir. Akhir program perkuliahan tepatnya.
Akhir untuk memulai sesuatu yang baru.
Gak heran kalo setelah wisuda, setelah kelulusan banyak yang berlomba2 untuk mengaplikasikan ilmu yg didapet selama kuliah (kerja).

Oke, langsung ke inti.
Kali ini gue mau nge-share pengalaman gue dalam mendapatkan pekerjaan, nyari kerja gitu dehh biar enak haha

First, (September-Oktober'15)
disini gue titlenya adalah anak baru lulus yang diiming2in kalo lulusan jurusan yg gue kuliahin itu gampang dapet kerjanya. Dan gue pun lgsg bikin persyaratan2 lamaran kerja setelah gue diumumkan lulus dan surat keterangan lulus udah terbit.

Perjuangan gue pun dimulai...
.(November) Ada beberapa lowongan di rs tapi sayangnya ga diperbolehkan untuk berhijab. Dan godaan pun mulai dengan ditawarkannya gue dan temen gue di rs swasta daerah pulomas tempat PKL gue dulu. Sempet ada omongan dr kanan kiri 'gapapa kan buka kerudungnya di lab doang, pas berangkat sama pulang kan tetep bisa kerudungan' | 'gapapa nanti kalo udah pegawai tetap boleh pake hijab kok'|.
Gilaaaaa! Keimanan gue diuji. Gue mikir, dosa gabisa dibayar pake uang. Buat apa gue kerja tapi gue numpuk dosa? Hidup di dunia cm sementara. Numpang lewat doang. Jadilah gue ga ambil tawaran emas itu.

Desember. Gue mulai naroh2 lamaran di rs2 deket rumah. Ga banyak sih ga nyampe 5 haha. Disini gue masih sambil nunggu ijazah gue turun. Jadi yaa kalo dipanggil syukur kalo engga yaudah. Toh emang persyaratan lamaran gue jg kurang memadai krn blm ada ijazah.

.Jujur, sebenernya dari awal gue sangat ga berminat kerja di Lab RS. Sampling darah orang, dari bayi baru brojol sampe mbah2, dari yang cm MCU sampe orang yang udah dipasang berbagai macam alat di ICU. Gak tega :'(
Kalo urusan kerjain sampel darah, serum, urine, dll masih gapapa dah.

(Januari)Dari situ gue pun nyoba2 peruntungan gue buat nyari kerja di bagian Quality Controll Microbiology. (Karena gue sukaaaaaaa banget mikrobiologi. Karena ini yang bikin gue semangat kuliah, ada matkul mikro, bikin media pertumbuhan, nanem kuman, uji biokimia, warnain kuman cek gram di mikroskop, semuanyaaa yg berbau mikro gue suka❤ bisa dibilang i'm in love with microbiology sampe tingkat akhir gue alhamdulillah bs ambil penelitian mikro juga).
Setelah ijazah terbit. Mulai deh lamaran gue sebar ke beberapa perusahaan yg gue incer bagian qc nya. Sayangnya gaada yg berminat sama gue hahahaha sediihh dah pokoknya kalo diceritain :')

(Februari'16) Saking frustasinya, gue berpikir. Ah emang bener jurusan gue ini emang dikhususkan/diutamakan untuk kerja di lab rs bukan di bagian qc. Gue pun mulai nyoba untuk ikhlas gabisa aplikasiin hal yg gue suka dan belajar untuk nerima yg gue ga begitu suka. Udah gitu orang tua gue gamau anak perempuan pertamanya ini kerja jauh2 dr rumah. Tapiiii, kenyataan ga seindah yg direncanakan. Gue ngelamar sana sini, dari yg deket sampe jauh. Online pake aplikasi jobstreet sampe offline datengin kantornya buat naroh lamaran.

Lebih dari 25 lamaran gue sebar.
Belum ada tanda2 panggilan.

Sedih?
Galau?
Envy?

Pasti itu ngerasain. Apalagi ngeliat temen  seangkatan udah pada dapet kerjaan, sedangkan gue masih pengangguran.

Down?

Iya.

yang jelek2 pernah ngerasain deh pokoknyaa. Tapiiii, langsung istighfar. Gaboleh lama2 jeleknyaaa.
Balik lagiiii, kita punya Allah.
Allah itu Maha Baik. Percaya deh!!!!

Karena udah larut, nulisnya lanjut besok lagi yaa! Chapter 2.
Okeee! Bhay! Semangaaaattt!!!!💪❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar