Minggu, 21 April 2013

Memanggang Kue..

Semangaaatt Pagiii! Selamat hari Minggu dan Selamat Hari Kartini :)
sebenernya agak kesel juga soalnya tanggal 21 pas banget hari minggu, kenapa ga hari lain biar ada libur tambahan hehe.. Berhubung hari ini hari Kartini dan hari Kartini berhubungan sama perempuan-perempuan, soo gue mau share cerita dari pengalaman gue dalam menunaikan tugas wajib seorang perempuan, yaitu memasak. 
gue emang seneng masak, hobi, suka bikin percobaan-percobaan gitu. tapi buat makannya mah engga udah begah duluan haha jadii, lebih sering yang makan yaa siapa aja yg mau makan, bagi-bagi gituu hehe
Dalam hal memasak, gue sering berhasil tp gue jg pernah gagal dalam membuat makanan yang gue buat, namanya juga belajar ga selalu mulus kann ehehe. Salah satunya, pas buat cake panggang. Mulai cerita nihh...



Ini konyol sih, semua terjadi akibat kesalahan2 dan kesotoyan gue dalam menakar2 buat kuenya hehe..
Awalnya, gue mau buat kue buat ngabisin tepung  pondanblackforrest yang tinggal setengah itu dan mau gue modifikasi sama resep bolu. Padahal udah dipesen sm ibu “Terigunya ditakar na, gula sm blueband nya juga”, tapi gue ngeyell. Gue jawab iya iya aja tp ga ditakar, males ribet. Jadi gue pake feeling aja, perbandingan2 gitu dehh. Pas awal ngemix, cakep banget tuh adonan, gue seneng hehehe.. Pas penambahan terigu *nah mulai dari sini nih* awalnya sedikit2, adonan still cakep dah dan menurut gue udah cukup, tp sisi lain dr pikiran gue mengatakan "Tuang aja itu tepung semuanyaa biar langsung abis!". Karena tujuan gue emang mau ngabisin tuh tepung, yaudah akhirnya gue tuang semua tuh tepung ke adonan, langsung hajaarr sambil diaduk2 daaannn.... Hasilnya? Belom lahh kan blm dipanggang haha :p Disini, feeling udah mulai gaenak “Waaahh, kayaknya gajadi nih”, abis adonannya yg cakep itu abis dimasukkin semua tepung tiba2 volumenya jadi berkurang separo-__- baahhh! Teteep gue lanjutin buat manggang tu adonan. Gue mikir "Ah kan disini doang (di tahap adonan maksudnya), siapa tau pas gue panggang jadi berhasil dan tepung td ga ngaruh apa-apa. Lalu, gue panggang 15 menit


200oC. Wanginya enaaakkk banget! terus juga kuenya ngembangg cantiikk ahaha “Tuhkaan gue suksess haha”. Saatnya diangkat, dikeluarkan dari oven, kue cantik yang ngembang itu tiba2 kempeess seketika, pas gue taroh dipiring kok masih agak berat? ehh ternyataa pas dicolok pake tusuk gigi, dicoel sm adek gue, tengahnyaa belom mateng haha langsung gue oven lagi, berkali2 gue oven api atas, api bawah, api atas bawah, totalnya sejaman gue manggang kue sampe mateng! Sejam meenn, mnggang bolu seloyang aja sejaamm, ngabisin listrik doangg haha..
Pas mateng, gue potong, keras-_- Yang empuk tengahnya doang. Adek-adek gue minta yg empuk akhirnya gue potong-potong, pisahin yg empuk sm yg kerasnya, gue sedih karena bagian yg keras lebih banyaakk drpd yg empuukk 3:1 lahh haha.. Karena gaada yg mau makan yg keras *padahalmah enak* gue potong kecil2 aja, taroh di kulkas, sayang klo dibuangg. Besokannya dibikin puding coklat,  enak! Lakuuu, pada makan banyaakk sampe ludes hehe. Alhamdulillahh gue seneng banget :D
Dari situ gue belajar, karena sesuatu hal yg kita akan lakuin itu harus ada takerannya, gaboleh kurang, gaboleh lebih, harus pas, gaboleh ngasal. Gak akan jadi kalo kita ecek-ecek, asal-asalan doang mah. Berlaku jg dlm kehidupan, usaha, bisnis, cinta, harus ditakar juga tuuhh yaa biar awet dan berhasill, oke? hehe ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar